Dengan adanya fenomena bulan baru pada tanggal 24 November 2022 dan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) tanggal 26 November 2022 dapat berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi dibeberapa wilayah pesisi Indonesia pada tangal 21 November – 3 Desember 2022. Berdasarkan prediksi pasang surut Pushidros-AL, banjir pesisir (rob) di wilayah pesisir Kalimantan Barat berpotensi terjadi pada tanggal 25 – 30 November 2022 pada pagi – siang hari (data BMKG Pontianak).

Kondisi ini secara umum dapat menyebabkan terganggunya aktivitas keseharian masyarakat disekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut serta memperhatikan update peringatan dini banjir rob dan informasi cuaca maritim BMKG.

Data prakiraan pasang surut dapat diunduh melalui link berikut ini : https://data.kalbarprov.go.id/dataset/informasi-peringatan-dini-potensi-banjir-pesisir-rob-di-wilayah-pesisir-kalimantan-barat

Jumlah Kunjungan : : 288 - Today Page Visits: 1